“AKSI PERUSAKAN KENDARAAN PATROLI OLEH WARGA”




Pada Tanggal 9 September 2011 Tim gabungan sebanyak 20 anggota yang terdiri dari personil Polhut Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW), Polres Bolaang Mongondow, Brimob Detasemen 2 Polda Sulut, Kejaksaan Negeri Kotamobagu dan TNI/POM melaksanakan Operasi Represif di kawasan TNBNW tepatnya Desa Pindol Kecamatan Lolak Kabupaten Bolaang Mongondow wilayah kerja SPTN III Maelang. Target operasi adalah hal-hal yang berkaitan dengan kegiatan Illegal Logging baik pelakunya, barang buktinya, maupun alat angkutnya.
Dalam pelaksanaan Operasi Represif tersebut tim operasi berhasil mengamankan barang bukti kayu olahan berupa papan sebanyak + 1,5 M3 dan 2 unit chain saw serta seorang pelaku/operator chain saw yang ditemukan dalam kawasan TNBNW, namun ketika tim operasi kembali dari TKP ke Desa Pindol pada pukul 19.00 WITA,  terjadi insiden penghadangan dan pelemparan terhadap kendaraan patroli yang digunakan pada saat operasi, masyarakat yang sudah diprovokasi oleh oknum-oknum pelaku illegal logging menghadang mobil dan truk yang mengangkut barang bukti serta meminta supaya barang bukti yang akan disita dikembalikan, karena situasi yang sudah tidak terkendali dan untuk menghindari jatuhnya korban, maka anggota tim operasi mengeluarkan tembakan peringatan ke udara dan berusaha menghindari lemparan batu dengan berlindung dalam mobil patroli dan truk.
Setelah melakukan usaha-usaha persuasif dengan pemerintah Desa akhirnya tim mengambil keputusan untuk mengembalikan barang bukti yang disita serta melepaskan pelaku. Pada pukul 20.30 WITA Tim operasi akhirnya kembali ke Kantor Balai TNBNW. Akibat dari peristiwa ini kaca depan dan kaca samping serta lampu belakang dari mobil patroli pecah serta body mobil tersebut mengalami kerusakan. Peristiwa ini sudah dilaporkan ke POLRES Bolaang Mongondow untuk diproses secara hukum terhadap para pelaku pelemparan yang sudah diketahui identitasnya.

Pencarian
Bahasa
Indonesia English
Video Terkini
Wisata Alam

PEMBINAAN HABITAT MALEO DI AREAL TAMBUN
Selain tindakan pengamanan kawasan yang harus diperketat, pemulihan habitat dan populasi burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang ada di kawasan TNBNW sangat perlu dilakukan. Upaya pemulihan tersebut dapat dilakukan melalui Kegiatan Pembinaan Habitat Maleo secara berkala.Pembinaan Habitat Maleo di areal Tambun,…
» selengkapnya

INVENTARISASI BABIRUSA di SPTN I SUWAWA
Dengan Latar Belakang Populasi Babirusa yang diyakini terus mengalami tekanan sebab perburuan dan kerusakan habitat sehingga populasi Babirusa di alam terus menurun, maka kondisi ini harus segera dibenahi dengan melakukan tindakan konservasi yang tepat antara lain dengan melakukan pembinaan habitat…
» selengkapnya

Kategori
Lokasi Pengunjung
Banner
Program Kegiatan Bogani Nani Wartabone
Lihat Peta Bogani Nani
video