IN HOUSE TRAINING PEJABAT FNGSIONAL PENGENDALI EKOSISTEM HUTAN (PEH) DAN PENYULUH KEHUTANAN BALAI TAMAN NASIONAL BOGANI NANI WARTABONE TAHUN 2011



Pada tanggal 04 s/d 06 April 2011 Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW) melaksanakan kegiatan In House Training  bagi para pegawai Fungsional PEH dan Penyuluh Kehutanan. Kegiatan ini telah menjadi agenda rutin bagi para pegawai fungsional PEH dan Penyuluh Kehutanan sebagai upaya dalam peningkatan Sumberdaya Manusia lingkup Balai TNBNW dalam menunjang kinerjanya di lapangan.
Kegiatan ini  secara langsung dibuka oleh Bapak Drs. Mardi Effendi selaku Kepala Sub Bagian Tata Usaha BTNBW. In House Training Pejabat Fungsional PEH dan Penyuluh Kehutanan tahun 2011 ini dilaksanakan selama tiga hari dan diikuti oleh 20 peserta yang terdiri dari 18 orang pegawai Pengendali Ekosistem Hutan (PEH) dan 2 orang Penyuluh Kehutanan. Materi yang disampaikan oleh para pemateri dalam In House Training PEH dan Penyuluh tersebut antara lain :
-    Valuasi Sumber Daya Air
-    Pengelolaan Pariwisata Alam
-    Metode Penulisan Artikel


Untuk menunjang keberhasilan pelaksanaan  kegiatan In House Training tersebut Balai TNBNW bekerja sama dengan Pemerintah Daerah Kab. Bolaang Mongondow, PT. Menado Post, dan Balai Pengelolaan Daerah Aliran Sungai (BPDAS) Tondano, untuk dapat memberikan materi-materi yang telah dijadwalkan dalam kegiatan tersebut. Selain untuk miningkatkan  kerjasama antar instansi, kegiatan ini juga merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan promosi dan informasi mengenai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone sebagai salah satu kawasan konservasi di wilayah Sulawesi Utara yang perlu dilestarikan keberadaannya.
Yang menarik dari kegiatan ini adalah dengan berpartisipasinya Dinas Pariwisata Kabupaten Bolaang Mongondow yang secara langsung diwakili oleh Kapala Dinas Pariwisata sebagai pemateri. Hal ini tentunya akan berdampak positif bagi pengelolaan TNBNW khususnya bidang pariwisata alam, mengingat masih banyak obyek-obyek potensial yang belum dikelola secara optimal oleh Balai TNBNW dan Pemerintah Daerah yang mana lokasi obyek-obyek potensial dimaksud berada di kawasan TNBNW yang secara administratif masuk dalam wilayah Kab. Bolaang Mongondow, dengan acara In House Training ini tentunya dapat menjalin komunikasi secara langsung antara Dinas Pariwisata dan Balai TNBNW sehingga pintu kerjasama dalam rangka peningkatan pengelolaan obyek-obyek pariwisata alam akan lebih terbuka yang pada akhirnya akan menguntungkan kedua belah pihak dimasa yang akan datang.
Selain itu disampaikan juga beberapa materi tentang valuasi sumber daya air, hal ini tentunya sangat penting bagi pengelolaan kawasan TNBNW  kedepan dalam rangka optimalisasi pemanfaatan jasa lingkungan khususnya air. Pihak TNBNW sebagai pengelola kawasan konservasi harus mengetahui akan nilai/valuasi dari air sebagai dasar dalam melakukan upaya-upaya konservasi air, mengingat air merupakan kebutuhan pokok yang sangat vital bagi kehidupan manusia, sehingga masyarakatpun bisa lebih menghargai keberadaan air dan keberadaan TNBNW sebagai pengatur sistem manajemen air yang berada di sekitarnya.

Pencarian
Bahasa
Indonesia English
Video Terkini
Wisata Alam

PEMBINAAN HABITAT MALEO DI AREAL TAMBUN
Selain tindakan pengamanan kawasan yang harus diperketat, pemulihan habitat dan populasi burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang ada di kawasan TNBNW sangat perlu dilakukan. Upaya pemulihan tersebut dapat dilakukan melalui Kegiatan Pembinaan Habitat Maleo secara berkala.Pembinaan Habitat Maleo di areal Tambun,…
» selengkapnya

INVENTARISASI BABIRUSA di SPTN I SUWAWA
Dengan Latar Belakang Populasi Babirusa yang diyakini terus mengalami tekanan sebab perburuan dan kerusakan habitat sehingga populasi Babirusa di alam terus menurun, maka kondisi ini harus segera dibenahi dengan melakukan tindakan konservasi yang tepat antara lain dengan melakukan pembinaan habitat…
» selengkapnya

Kategori
Lokasi Pengunjung
Banner
Program Kegiatan Bogani Nani Wartabone
Lihat Peta Bogani Nani
video