Kera Hitam Sulawesi

Jenis primata endemik adalah kera hitam Sulawesi (Macaca nigrescen dan Macaca nigra) atau lebih dikenal oleh masyarakat dengan nama yakis. Yakis banyak di temukan dalam kawasan TNBNW. Daerah penyebaran pada daerah yang berhutan atau daerah perkebunan masyarakat sekitar kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.
kera hitam Sulawesi termasuk dalam family Cercoophitacidae. Penampakanyan sangat mudah dikenali karena bulunya yang hitam pekat. Ciri khas kerahitam Sulawesi yaitu ekornya yang relative pendek, hampir tidak terlihat karena rata-rata hanya mencapai ± 2cm. kera hitam dewasa mempunyai jambul dan pada musim kawin bokongnya berubah warnanya menjadi merah jambu. Ukuran fisih berat badan kera dewasa rata-rata ± 7-9 kg. kera yang baru lahir belum terliha ada bulu, dengan warna masih kemerah-merahan. Bulu anak yakis mulai tumbuh pada umur 1-2 minggu dan berwarna keputih-putihan. Umur 3-4 bulan bulu mulai berwana hitam, namun pada wajah masih berwana putih. Umur lima bulan keatas keseluruhan bulunya sudah berwarna hitam dan sudah mulai aktif.
Yakis makan buah ara (bringin atau ficus), buah rotan, buah dao dan pisang hutan. Di dekat pemukiman makan buah kelapa, papaya, jagung dan buah-buahan lainya. Kera hitam ini hidup berkelompok, ada kelompok kecil dan ada kelompok besar. Aktivitas setiap hari dimulai jam 05.30 s/d 17.30, di siang hari beristirahat pada jam 11.00 s/d 14.00.

Pencarian
Bahasa
Indonesia English
Video Terkini
Wisata Alam

PEMBINAAN HABITAT MALEO DI AREAL TAMBUN
Selain tindakan pengamanan kawasan yang harus diperketat, pemulihan habitat dan populasi burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang ada di kawasan TNBNW sangat perlu dilakukan. Upaya pemulihan tersebut dapat dilakukan melalui Kegiatan Pembinaan Habitat Maleo secara berkala.Pembinaan Habitat Maleo di areal Tambun,…
» selengkapnya

INVENTARISASI BABIRUSA di SPTN I SUWAWA
Dengan Latar Belakang Populasi Babirusa yang diyakini terus mengalami tekanan sebab perburuan dan kerusakan habitat sehingga populasi Babirusa di alam terus menurun, maka kondisi ini harus segera dibenahi dengan melakukan tindakan konservasi yang tepat antara lain dengan melakukan pembinaan habitat…
» selengkapnya

Kategori
Lokasi Pengunjung
Banner
Program Kegiatan Bogani Nani Wartabone
Lihat Peta Bogani Nani
video