Marak Illegal Loging, Polisi dan Pemerintah Cuek, dan... Dumoga Terancam tenggelam

(MANADO POS 04 November 2010) BOLMONG.. Praktik ilegal logging di Bolaang Mongondow (Bolmong) belum sepenuhnya terselesaikan. Bahkan, dilaporkan pihak pemerintah dan aparat penegak hukum turut terlibat. Dikhawatirkan, meluasnya praktik ini akan membuat Dumoga menjadi daerah potensi banjir. Salah seorang warga asal Desa Siniyung, Yusri Poyompuda mengeluhkan, mulai dari ujung Kecamatan Dumoga Timur hingga Dumoga Barat kondisi dan keadaan hutannya sangat memprihatinkan.
Aksi pembalakan liar (Ilegal logging) masih cukup marak di kecamatan terbesar di Bolmong tersebut. “Kalau terus ditebang hasil hutannya, maka kecamatan Dumoga Bersatu bisa saja akan tenggelam,” ujarnya. Sebenarnya, beber Yusri pemerintah desa seperti sangadi punya tanggung jawab besar. Namun, banyak sangadi yang bisa diatur para pengusaha hasil hutan. “Bahkan, setiap kali pengusaha kayu melakukan pengangkutan, pernah didapati hasil olahan diangkut menggunakan mobil truk milik polisi,” tandasnya.
Menanggapi hal itu, Kapolres Bolmong AKBP Gatot Tri Suryanta membantah kalau ada pengangkutan hasil kayu dari pembalakan liar diangkut menggunakan mobil polisi. “itu tidak benar, saya jamin,” tegas Gatot sambil tambahkan “Tidak ada toleransi terhadap pencurian kayu. Akan langsung ditindak, “tegas Gatot. Sementara itu, pihak Pemkab Bolmong memang terkesan cuek dengan keluhan warga ini. Kepala dinas Kehutanan (Dishut) Drs JY Lihawa saat dihubungi via telepon hanya diam saja.

Pencarian
Bahasa
Indonesia English
Video Terkini
Wisata Alam

PEMBINAAN HABITAT MALEO DI AREAL TAMBUN
Selain tindakan pengamanan kawasan yang harus diperketat, pemulihan habitat dan populasi burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang ada di kawasan TNBNW sangat perlu dilakukan. Upaya pemulihan tersebut dapat dilakukan melalui Kegiatan Pembinaan Habitat Maleo secara berkala.Pembinaan Habitat Maleo di areal Tambun,…
» selengkapnya

INVENTARISASI BABIRUSA di SPTN I SUWAWA
Dengan Latar Belakang Populasi Babirusa yang diyakini terus mengalami tekanan sebab perburuan dan kerusakan habitat sehingga populasi Babirusa di alam terus menurun, maka kondisi ini harus segera dibenahi dengan melakukan tindakan konservasi yang tepat antara lain dengan melakukan pembinaan habitat…
» selengkapnya

Kategori
Lokasi Pengunjung
Banner
Program Kegiatan Bogani Nani Wartabone
Lihat Peta Bogani Nani
video