PAMERAN KSDA TINGKAT PROPINSI DALAM RANGKA HUT PROPINSI SULAWESI UTARA YANG KE – 48

Dalam rangka mempromosikan dan menginformasikan tentang status, fungsi, serta multi manfaat kawasannya, pada tahun anggaran 2012 Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) melaksanakan lima kegiatan Pameran Konservasi Sumber Daya Alam (KSDA) sebagai aksi nyatanya. Lima kegiatan Pameran tersebut adalah satu kali dilaksanakan di tingkat Nasional, dua kali di tingkat Propinsi, dan dua kali di tingkat Kabupaten / Kota. Pameran yang dilaksanakan pada tanggal 22 September s/d 02 Oktober tahun 2012 ini merupakan Pameran KSDA Tingkat Propinsi, yang bertempat di Kelurahan Pamanget, Kecamatan Kayuwatu, Kota Manado.

Dalam pelaksanaannya, berbagai Unit Pengelola Teknis (UPT) lingkup Kementerian Kehutanan seperti Balai KSDA Sulawesi Utara, Balai TN. Bunaken, Balai Pemantapan Kawasan Hutan (BPKH), Balai Penelitian Kehutanan (BPK) Manado, Dinas Kehutanan Propinsi / Kabupaten, termasuk Balai TNBNW, sepakat untuk melaksanakan Pameran KSDA Tingkat Propinsi bertepatan dengan acara hari ulang tahun (HUT) Propinsi Sulawesi  Utara yang ke-48.


Kegiatan pameran KSDA Tingkat Propinsi ini dibuka secara langsung oleh Gubernur Sulawesi Utara, DR. SH. Sarundajang. Dalam sambutannya, Gubernur Sulawesi Utara mengatakan bahwa Propinsi Sulawesi Utara memiliki berbagai potensi yang sangat menjanjikan, baik potensi wisatanya, pertaniannya, perikanan dan kelautannya, bisnisnya, serta beragam aset alam potensial lainnya, semua potensi unggulan tersebut yang tersebar di 15 Kabupaten / Kota di Propinsi Sulawesi Utara harus diperkenalkan pada dunia internasional.


Pameran Konservasi Sumber Daya Alam Tingkat Propinsi Sulawesi Utara tahun 2012 diikuti oleh 74 peserta yang berasal dari 15 Kabupaten / Kota di Propinsi Sulawesi Utara. Berbagai UPT lingkup Kementerian Kehutanan serta Dinas Kehutanan Propinsi / Kota berkumpul dalam satu stand khusus bidang kehutanan, yang mana stand tersebut didekorasi sedemikian rupa serta dipenuhi oleh bahan-bahan promosi dan informasi dalam bentuk banner, poster, leaflet, brosur, maket, aquarium, serta berbagai produk kehutanan seperti produk obat-obatan yang berasal dari tanaman obat hasil penelitian BPK Manado.


Jumlah pengunjung yang datang ke Stand Pameran Kehutanan mencapai lebih dari 2269 orang. Jumlah tersebut terdiri dari berbagai latar belakang pendidikan, asal, daerah, dan pekerjaan, mulai dari kalangan pelajar Sekolah Dasar, SLTP. SMU, Mahasiswa, Pengusaha, Guru, Pegawai Pemerintah, Polri, dan masyarakat umum, khususnya masyarakat kota Manado. Mereka sangat antusias terhadap berbagai materi yang disuguhkan serta memberikan apresiasi yang baik terhadap materi-materi tersebut.


Peliput : Taufik Hamzah.



Pencarian
Bahasa
Indonesia English
Video Terkini
Wisata Alam

PEMBINAAN HABITAT MALEO DI AREAL TAMBUN
Selain tindakan pengamanan kawasan yang harus diperketat, pemulihan habitat dan populasi burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang ada di kawasan TNBNW sangat perlu dilakukan. Upaya pemulihan tersebut dapat dilakukan melalui Kegiatan Pembinaan Habitat Maleo secara berkala.Pembinaan Habitat Maleo di areal Tambun,…
» selengkapnya

INVENTARISASI BABIRUSA di SPTN I SUWAWA
Dengan Latar Belakang Populasi Babirusa yang diyakini terus mengalami tekanan sebab perburuan dan kerusakan habitat sehingga populasi Babirusa di alam terus menurun, maka kondisi ini harus segera dibenahi dengan melakukan tindakan konservasi yang tepat antara lain dengan melakukan pembinaan habitat…
» selengkapnya

Kategori
Lokasi Pengunjung
Banner
Program Kegiatan Bogani Nani Wartabone
Lihat Peta Bogani Nani
video