PEMBINAAN KADER KONSERVASI di TNBNW

Pada dasarnya pembangunan Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya adalah merupakan pembangunan yang menyeluruh dan terpadu untuk meningkatkan peran kawasan dan Sumber Daya Alam Hayati bagi kesejateraan pada khususnya dan mutu kehidupan masyarakat pada umumnya. Hal ini perlu ditunjang dengan peran dari berbagai stakeholder dalam manjaga dan melestarikan keberadaan sumber daya alam hayati dan ekosistemnya. Dalam hal ini Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone sebagai pengelola kawasan konservasi terus berupaya mewujudkan pengelolaan kawasan konservasi berbasis pada kelestarian hutan dan kesejahteraan masyarakat di sekitar kawasan konservasi.
Berbagai langkah telah diupayakan oleh Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (BTNBNW) dalam rangka melaksanakan pendidikan konservasi baik kepada masyarakat umum, tokoh masyarakat, perangkat desa, pelajar, mahasiswa maupun golongan birokrat dan aparat hukum. Model pendidikan konservasi yang dilaksanakan antara lain melalui sosialisasi, kampanye, diskusi, pameran, kemah konservasi, dan melalui perekrutan serta pembinaan kader-kader konservasi.  Keberadaan kader-kader ini diharapkan dapat diandalkan sebagai pelopor dan ikut serta menyebarluaskan atau mempropagandakan akan pentingnya pengembangan konservasi sumber daya alam, khususnya di wilayah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone.
Memasuki era baru, dalam rangka pemanfaatan kawasan guna menunjang kehidupan masyarakat di sekitar kawasan dan pembangunan kehutanan, keberadaan kader-kader konservasi ini sangat diperlukan guna mendukung program, sebab mereka berperan sebagai pelaku penggerak utama dalam rangka menyamakan persepsi masyarakat tentang tindakan- tindakan konservasi sebagai bagian dari pengelolaan kawasan konservasi. Pemanfaatan potensi kawasan diharapkan dapat  melibatkan masyarakat dan kader-kader konservasi sebagai mitra untuk mendorong terwujudnya keberadaan masyarakat yang sejahtera di sekitar atau di dalam kawasan konservasi.
Sejalan dengan maksud tersebut, Balai Taman Nasional Bogani Nani Wartabone dalam perannya sebagai institusi yang mengelola di bidang Konservasi dan Bina Cinta Alam  telah menempuh suatu upaya diantaranya dengan mengadakan pelatihan/pembinaan kader-kader  konservasi dan pecinta alam. Sampai tahun 2011 tercatat sudah 114 anggota Kader Konservasi yang menjadi binaan Balai TNBNW, yang terdiri dari 84 anggota Kader Pemula dan 30 anggota Kader Madya.
Pada awal Juli 2011 lalu,  Balai TNBNW melaksanakan kegiatan Pembinaan Kader Konservasi selama 3 hari dari tanggal 1 Juli s/d 3 Juli 2011. Kegiatan ini dibuka langsung oleh Kepala Balai TNBNW, Bapak Ir. Agustinus Rante Lembang, M.Si, didampingi oleh  Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Bapak Drs. Mardi Effendi, dan Kepala Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II doloduo, Bapak Askhari Dg. Masikki, S.Hut. Lokasi Pembinaan Kader Konservasi adalah di Wisma Bina Cinta Alam Toraut, SPTN II Doloduo,  yang merupakan lokasi strategis untuk melaksanakan kegiatan tersebut dengan alasan lokasi tersebut berada dekat kawasan konservasi sehingga kader-kader dapat berinteraksi langsung dengan kawasan konservasi beserta isinya yang diharapkan akan menambah jiwa dan semangat konservasi dan rasa cinta terhadap alam khususnya TNBNW.
Peserta kegiatan Pembinaan Kader Konservasi berjumlah 60 orang, terdiri dari 30 orang dari wilayah Kotamobagu, dan 30 orang berasal dari Gorontalo yang semuanya merupakan anggota kader konservasi yang berasal dari berbagai golongan yang meliputi masyarakat umum, tokoh masyarakat, pelajar, mahasiswa, perangkat desa, dan rimbawan.
Tujuan dari kegiatan Pembinaan Kader konservasi dan Pencinta Alam adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan kader-kader konservasi sebagai pelopor dan penggerak dalam upaya konservasi sumberdaya alam hayati dan ekosistemnya di tengah-tengah masyarakat. Dalam pelaksanaan Pembinaan Kader Konservasi dan Pecinta Alam pihak TNBNW bekerjasama dengan mitra kerja dari World Conservation Society (WCS)  untuk ikut belajar bersama dengan para anggota kader konservasi guna meningkatkan kemampuan mereka dalam melaksanakan konservasi di TNBNW.
Beberapa materi sebagai pendukung pengetahuan yang diberikan dalam pembinaan kader kali ini antara lain tentang Pengawetan Keanekaragaman Plasma Nutfah, Pemanfaatan Jenis dan Ekosistem, Ekologi dan praktek lapangan. Hal ini mengacu pada Pedoman Pembinaan Kader Konservasi dan Kelompok Pecinta Alam tentang kebijakan pengembangan upaya Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya (KSDAH & E) dan cinta alam.
Metode yang disampaikan dalam kegiatan tersebut adalah melalui diskusi dan ceramah serta praktek dan kegiatan tambahan sehingga peserta dapat memahami hal-hal yang telah disampaikan. Selain penyampaian materi dan pengetahuan tentang KSDAH & E dilaksanakan juga pertemuan dan pembahasan program-pogram kerja yang akan dilaksanakan oleh kader-kader konservasi ke depan dalam rangka mendukung pengelolaan Taman Nasional dengan upaya-upaya nyata di bidang KSDA. Pembahasan program kerja tersebut menghasilkan  beberapa rencana kegiatan yang akan difasilitasi oleh Balai TNBNW, hal ini tentunya harus mendapat dukungan penuh dari pihak Balai TNBNW guna membangun dan menumbuhkan semangat konservasi serta terus melahirkan insan-insan konservasionis sebagai penyelamat bangsa di kemudian hari. Aris Setyawan, AMd

Pencarian
Bahasa
Indonesia English
Video Terkini
Wisata Alam

PEMBINAAN HABITAT MALEO DI AREAL TAMBUN
Selain tindakan pengamanan kawasan yang harus diperketat, pemulihan habitat dan populasi burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang ada di kawasan TNBNW sangat perlu dilakukan. Upaya pemulihan tersebut dapat dilakukan melalui Kegiatan Pembinaan Habitat Maleo secara berkala.Pembinaan Habitat Maleo di areal Tambun,…
» selengkapnya

INVENTARISASI BABIRUSA di SPTN I SUWAWA
Dengan Latar Belakang Populasi Babirusa yang diyakini terus mengalami tekanan sebab perburuan dan kerusakan habitat sehingga populasi Babirusa di alam terus menurun, maka kondisi ini harus segera dibenahi dengan melakukan tindakan konservasi yang tepat antara lain dengan melakukan pembinaan habitat…
» selengkapnya

Kategori
Lokasi Pengunjung
Banner
Program Kegiatan Bogani Nani Wartabone
Lihat Peta Bogani Nani
video