PEMETAAN PARTISIPATIF DESA MENGKANG

Desa Mengkang merupakan salah satu desa penyangga yang berada di sekitar Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW), terletak di Kecamatan Lolayan, Kabupaten Bolaang Mongondow, Propinsi Sulawesi Utara. Desa Mengkang merupakan salah satu desa konservasi binaan Balai TNBNW, yang telah melaksanakan program pemberdayaan masyarakat bersama Balai TNBNW pada tahun 2010. Selain itu, Desa tersebut merupakan salah satu desa yang menjadi sasaran kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Lingkungan Mandiri Pedesaan (PNPM LMP).  Sejak tahun 2010, desa ini telah berpartisipasi dalam melaksanakan tahapan kegiatan PNPM LMP, dan telah memperoleh dana Bantuan Langsung Masyarakat  (BLM) untuk membantu meningkatkan kapasitas Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH).

Kawasan TNBNW telah memberikan jasa lingkungan yang sangat besar bagi masyarakat desa Mengkang terutama jasa lingkungan air, yang selain digunakan untuk kebutuhan sehari hari seperti untuk minum, cuci, pengairan sawah, juga digunakan untuk menggerakkan kincir  pembangkit listrik tenaga mikro hidro.


Sesuai dengan program kegiatan pemberdayaan masyarakat desa konservasi, Balai TNBNW telah bekerjasama dengan WCS (Wildlife Conservation Society) dan LSM Celebio untuk melaksanakan kegiatan  Pemetaan Partisipatif  di Desa Mengkang.
Output yang dihasilkan dari kegiatan Pemetaan Partisipatif di Desa Mengkang adalah tersedianya Peta Tematik Desa Mengkang, yang mana peta tematik ini menjadi acuan dalam pengelolaan sumber daya alam secara berkesinambungan, yang dapat memberikan manfaat bagi peningkatan ekonomi masyarakat, serta mampu menjamin fungsi dan status kawasan TNBNW. Adanya peta desa yang menginformasikan ruang desa, tentu sangat diperlukan dalam mengetahui potensi sumber daya alam yang tersedia, baik di dalam maupun di luar kawasan TNBNW. Lebih lagi letak Desa Mengkang yang berbatasan dengan kawasan TNBNW, menjadikan peta desa sangat diperlukan guna memberikan kejelasan mengenai status lahan dan batas wilayah Desa Mengkang dengan kawasan TNBNW.


Pembuatan peta desa Mengkang merupakan permintaan dari pemerintah desa dan warganya. Selain itu pembuatan peta desa merupakan salah satu instruksi dari Bupati Bolaang Mongondow kepada semua pemerintah desa. Ada tiga unsur yang terlibat dalam pelaksanaan kegiatan Pemetaan Partsisipatif, yakni : Pemerintah dan masyarakat desa Mengkang sebagai komunitas masyarakat yang hidup di wilayah Mengkang; Balai TNBNW sebagai lembaga yang memiliki kewenangan dalam mengelola kawasan TNBNW; dan WCS sebagai LSM pendamping PNPM LMP, sekaligus fasilitator yang membantu masyarakat dalam merencanakan pengelolaan sumber daya alam desa, serta pelestarian aset yang sudah dibangun oleh PNPM LMP.
Pelaksanaan kegiatan pemetaan partisipatif Desa Mengkang dibagi dalam 2 tahap kegiatan, yakni :
A.    Persiapan,  yang meliputi :
-    Sosialisasi rencana pembuatan peta ;
-    Penyusunan rencana kegiatan ;
-    Penyiapan tim pemetaan desa yang ditetapkan oleh Surat Keputusan Kepala Desa ;
-    Koordiansi dengan Pemerintah Kabupaten terkait batas desa setelah pemekaran ;
-    Koordinasi bersama antara Balai TNBNW dan WCS beserta masyarakat desa ;
-    Koordinasi dengan pemerintah Kecamatan Lolayan ;
-    Koordinasi dengan desa-desa tetangga ;
-    Penyiapan peralatan dan bahan.
B.    Pelaksanaan, yang meliputi :
-    Rapat koordinasi bersama tim pemetaan  (Tim Pemetaan Desa, Pemerintah Desa, WCS dan Balai TNBNW) ;
-    Pengambilan data ruang dan potensi sumber daya alam desa ;
-    Pengolahan dan pencetakan data yang dihasilkan ;
-    Sosialisasi hasil pemetaan desa ke Kecamatan dan Kabupaten ;
-    Penetapan hasil pemetaan melalui peraturan desa ;
-    Laporan hasil pemetaan desa kepada Bupati Bolaang Mongondow.


Dari kegiatan Pemetaan Partisipatif Desa Mengkang, dapat dihasilkan beberapa peta yaitu :
a.    Peta Desa, yang berisi informasi tentang  Batas Desa, Daerah Pemukiman, Sebaran Rumah, Sebaran  Sarana dan Prasarana Umum, serta Rencana Pembangunan Desa.
b.    Peta Tematik, yang meliputi Peta Potensi SDA, Peta Desa Mandiri Energi  ( Siklus Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro, serta Sebaran Pengguna dan Jaringan Tiang Listrik ), Peta Pertanian Desa.


Pelaksanaan kegiatan Pemetaan Partisipatif Desa Mengkang merupakan upaya pendidikan kepada masyarakat Desa Mengkang mengenai pemetaan. Selain itu, kegiatan tersebut merupakan momentum yang tepat dalam mensosialisasikan fungsi dan manfaat serta batas-batas kawasan TNBNW, yang telah mendapatkan kepastian hukum, yang tidak bisa sembarangan ditempati / dimanfaatkan. Desa Mengkang merupakan satu-satunya desa di Kab. Bolaang Mongondow yang memiliki peta desa secara swadaya, Hal ini merupakan wujud komitmen bersama antara  masyarakat Desa Mengkang,  WCS, dan Balai TNBNW dalam mewujudkan Mengkang sebagai Desa Konservasi  yang peduli lingkungan.


Penulis : Aris Setyawan, A.Md
Editor : Taufik Hamzah.

Pencarian
Bahasa
Indonesia English
Video Terkini
Wisata Alam

PEMBINAAN HABITAT MALEO DI AREAL TAMBUN
Selain tindakan pengamanan kawasan yang harus diperketat, pemulihan habitat dan populasi burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang ada di kawasan TNBNW sangat perlu dilakukan. Upaya pemulihan tersebut dapat dilakukan melalui Kegiatan Pembinaan Habitat Maleo secara berkala.Pembinaan Habitat Maleo di areal Tambun,…
» selengkapnya

INVENTARISASI BABIRUSA di SPTN I SUWAWA
Dengan Latar Belakang Populasi Babirusa yang diyakini terus mengalami tekanan sebab perburuan dan kerusakan habitat sehingga populasi Babirusa di alam terus menurun, maka kondisi ini harus segera dibenahi dengan melakukan tindakan konservasi yang tepat antara lain dengan melakukan pembinaan habitat…
» selengkapnya

Kategori
Lokasi Pengunjung
Banner
Program Kegiatan Bogani Nani Wartabone
Lihat Peta Bogani Nani
video