Sosialisasi Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan

Dalam rangka menjaga kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW) dari kerusakan akibat kebakaran hutan, maka pada hari Selasa Tanggal 19 Juni 2012 Balai TNBNW  melakukan sosialisasi tentang penanggulangan secara dini terhadap kebakaran hutan dan lahan, yang diselenggarakan di Desa Mengkang, Seksi Pengelolaan Taman Nasional (SPTN) Wilayah II Doloduo.

Acara tersebut dihadiri oleh 42 orang warga Desa Mengkang, dengan 3 orang pemateri yang berasal dari SPTN Wilayah II Doloduo, Kepolisian Sektor (Polsek) Lolayan, dan Pemerintahan Desa Mengkang. Dalam acara tersebut, Kepala SPTN Wilayah II Doloduo Askhari Dg. Masikki, S.Hut menyampaikan bahwa peran serta masyarakat di Desa Mengkang sangat diperlukan dalam menjaga kawasan, khususnya kawasan TNBNW dari ancaman kebakaran hutan. Dengan demikian setiap warga Desa Mengkang harus memahami tata cara penanggulangan kebakaran hutan dan lahan yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

Beliau menyampaikan bahwa masyarakat  Desa Mengkang harus berpartisipasi aktif mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan, dengan cara mematuhi peraturan-peraturan yang berlaku, mengindahkan dan memperhatikan pesan-pesan yang tertulis pada rambu-rambu kebakaran hutan dan lahan, membuat sekat bakar dan tempat-tempat penampungan air, menyebarluaskan informasi mengenai bahaya dan tata cara pencegahan kebakaran hutan dan lahan, serta menggunakan api secara hati-hati dan bijaksana. 

Ia pun menyampaikan pula bahwa jika kebakaran hutan terjadi, maka berbagai keanekaragaman hayati akan ikut musnah, habitat dan populasi berbagai jenis tumbuhan dan satwa  akan hilang,  terganggu, dan terancam punah, selain itu bencana banjir pada musim hujan serta kekeringan pada musim kemarau akan terjadi, yang pada akhirnya menyulitkan kelangsungan hidup warga disekitarnya.

Kepala SPTN Wilayah II Doloduo menghimbau warga Desa Mengkang, bahwa jika kebakaran hutan dan lahan terjadi, khususnya pada kawasan TNBNW yang masuk dalam SPTN Wilayah II Doloduo, maka warga Desa Mengkang diharapkan segera menghubungi Posko Satdal karhut Balai TNBNW dan atau Satdalkarhut SPTN Wilayah II Doloduo, kemudian bersama para petugas diharapkan aktif membantu memadamkannya.

Selain Kepala SPTN Wilayah II Doloduo, Kepala Kepolisian Sektor (Polsek) Lolayan, AKP. Johan Damopolii, turut menghimbau masyarakat Desa Mengkang agar tetap menjaga keutuhan kawasan TNBNW, serta tidak melakukan tindakan-tindakan yang merusak kawasan TNBNW, karena jika sampai melakukan tindakan-tindakan perusakan terhadap kawasan TNBNW, maka pihak Kepolisian Sektor Lolayan tidak ada kompromi dan negosiasi.

Dalam acara tersebut, Kepala Desa Mengkang Marsidi Kadengkang, turut menyampaikan, bahwa sejauh ini warga Desa Mengkang senantiasa taat pada peraturan-peraturan yang berlaku, termasuk peraturan yang menyangkut kelestarian kawasan TNBNW. Berkenaan dengan masalah pencurian kayu yang sering terjadi di kawasan TNBNW, beliau pun menegaskan bahwa para pelaku tindak pidana kehutanan tersebut  adalah para pelaku yang berasal dari luar Desa Mengkang, dan bukan warga Desa Mengkang.

Berkenaan dengan kegiatan tersebut, maka sebanyak 15 orang warga Desa Mengkang akan diikutsertakan dalam Pelatihan & Pembentukan Masyarakat Peduli Api (MPA) yang akan dilaksanakan tanggal 21 Juni 2012 di Balai TNBNW. Pada akhir acara tersebut, Balai TNBNW memberikan bantuan kepada warga Mengkang berupa alat-alat olah raga seperti Bola Volly, Net Volly, dan beberapa stel pakaian olah raga.    

t4uf1k_hz

 

 

Pencarian
Bahasa
Indonesia English
Video Terkini
Wisata Alam

PEMBINAAN HABITAT MALEO DI AREAL TAMBUN
Selain tindakan pengamanan kawasan yang harus diperketat, pemulihan habitat dan populasi burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang ada di kawasan TNBNW sangat perlu dilakukan. Upaya pemulihan tersebut dapat dilakukan melalui Kegiatan Pembinaan Habitat Maleo secara berkala.Pembinaan Habitat Maleo di areal Tambun,…
» selengkapnya

INVENTARISASI BABIRUSA di SPTN I SUWAWA
Dengan Latar Belakang Populasi Babirusa yang diyakini terus mengalami tekanan sebab perburuan dan kerusakan habitat sehingga populasi Babirusa di alam terus menurun, maka kondisi ini harus segera dibenahi dengan melakukan tindakan konservasi yang tepat antara lain dengan melakukan pembinaan habitat…
» selengkapnya

Kategori
Lokasi Pengunjung
Banner
Program Kegiatan Bogani Nani Wartabone
Lihat Peta Bogani Nani
video