Tarsius

Tarsius spectrum merupakan salah satu primate yang terkecil di dunia, mempunya berat tubuh hanya 100 gram tetapi memiliki mata besar, yaitu sekitar 80% dari besarnya kepala, dengan panjang tubuh 10 cm (80 – 160 mm), panjang ekor 25 cm. Tarsius adalah binatang malam, ia merupakan anggota kelas mamalia. Di Sulawesi Utara dinamakan tangkasi.
Di beberapa daerah binatang ini di anggap mempunyai kekuatan gaib sehingga di gunakan penduduk sebagai ramuan obat-obatan. Tarsius spectrum merupakan salah satu binatang yang langka dan sudah di lundungi undang-undang. Di kawasan Taman Nasional Bogani Nani Wartabonedapat di jumpai di objek wisata kosinggolan dan Toraut. Habitatnya pada rumpun bambu, alang-alang, gelagah (Spontancum saccarum) pada hutan sekunder dan pada jalinan rumbuhan yang terdapat di pohon-pohon di hutan, diantara akar-akar pohon pencekik yang semerawut.
Makanannya berupa kecoa, serangga, juga binatang bertulang belakang (vertebrata) yang kecil termasuk reptilian, burung, bahkan kelelawar. Dalam satu malam tarsius dapat menghabiskan makan kira-kira 1/10 (sepersepuluh)dari bobot tubuhnya.

Pencarian
Bahasa
Indonesia English
Video Terkini
Wisata Alam

PEMBINAAN HABITAT MALEO DI AREAL TAMBUN
Selain tindakan pengamanan kawasan yang harus diperketat, pemulihan habitat dan populasi burung Maleo (Macrocephalon maleo) yang ada di kawasan TNBNW sangat perlu dilakukan. Upaya pemulihan tersebut dapat dilakukan melalui Kegiatan Pembinaan Habitat Maleo secara berkala.Pembinaan Habitat Maleo di areal Tambun,…
» selengkapnya

INVENTARISASI BABIRUSA di SPTN I SUWAWA
Dengan Latar Belakang Populasi Babirusa yang diyakini terus mengalami tekanan sebab perburuan dan kerusakan habitat sehingga populasi Babirusa di alam terus menurun, maka kondisi ini harus segera dibenahi dengan melakukan tindakan konservasi yang tepat antara lain dengan melakukan pembinaan habitat…
» selengkapnya

Kategori
Lokasi Pengunjung
Banner
Program Kegiatan Bogani Nani Wartabone
Lihat Peta Bogani Nani
video